Software

5 Rekomendasi Aplikasi Arisan Online Terbaik dan Paling Populer

Avatar of admin
1365
×

5 Rekomendasi Aplikasi Arisan Online Terbaik dan Paling Populer

Sebarkan artikel ini
5 Rekomendasi Aplikasi Arisan Online Terbaik dan Paling Populer

Betang.id – Arisan merupakan tradisi yang sangat populer di Indonesia, di mana anggota kelompok mengumpulkan sejumlah uang atau barang yang kemudian diundi untuk menentukan siapa yang akan menerima hadiah atau bagian dari koleksi tersebut. Dengan perkembangan teknologi, kini arisan dapat diatur secara digital melalui aplikasi arisan online. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi arisan online yang bisa menjadi pilihan Anda.

Rekomendasi Aplikasi Arisan Online Terbaik

1. Wheel+ : Putar Rolet

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Wheel+ : Putar Rolet. Aplikasi ini mudah digunakan dan menarik karena dilengkapi dengan banyak latar musik, efek suara, dan efek lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Meski gratis, pengembang memberikan kebebasan bagi pengguna untuk mengkustomisasi nama apa saja yang akan ditempatkan pada rolet untuk kemudian diputar untuk mendapatkan hasil. Aplikasi ini mendukung mode gelap, sehingga bisa digunakan dengan maksimal meski dalam lingkungan dengan cahaya yang minim.

Bukan hanya untuk mengundi pemenang arisan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menentukan apa yang harus dilakukan, sesuatu yang harus dimakan dari banyaknya pilihan, pergi ke suatu tempat, atau melakukan tantangan dengan mengikuti hasil yang ditunjukkan oleh aplikasi.

2. Spin The Wheel, Random Roulette

Aplikasi berikutnya adalah Spin The Wheel, Random Roulette. Aplikasi ini cukup populer, bisa dilihat dari banyaknya orang yang mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store mencapai lebih dari jutaan orang. Aplikasi Spin The Wheel, Random Roulette juga mendapat rating 4,8 di Play Store. Tak heran, karena aplikasi ini menyenangkan dan serbaguna. Spin The Wheel memiliki roda yang dinamis dan menarik secara visual yang akan berputar menentukan hasil atau pilihan. Selain untuk mengundi pemenang arisan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk hal lainnya, seperti menentukan hadiah yang akan didapatkan atau menentukan pilihan lainnya.

3. Arisan Digital Online

Aplikasi Arisan Digital Online bisa diandalkan untuk mengelola arisan menjadi lebih mudah dan praktis. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi membawa buku arisan secara fisik. Anda bisa melihat data arisan dimanapun dan kapanpun, bahkan anggota arisan juga bisa melihat detail mengenai arisan yang sedang berlangsung. Mengocok pemenang arisan menggunakan aplikasi ini bisa dilakukan dengan mudah, hanya dengan satu klik saja. Nantinya, aplikasi akan mencarikan pemenang dalam putaran arisan saat ini.

Fitur utama yang ditawarkan aplikasi ini diantaranya adalah Multiple Group, Kelola Member, Kocok Arisan, Riwayat Pemenang Arisan, Tagih Arisan melalui Email, dan akses member dengan kode grup. Menarik, bukan? Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan memiliki kompatibilitas pada Android versi 4.4 atau yang lebih tinggi.

4. Arisan Ceria

Selain aplikasi tadi, aplikasi bernama Arisan Ceria juga bisa Anda andalkan untuk mengelola arisan Anda, termasuk mengundi pemenang arisan. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu kali di Play Store. Sama seperti Arisan Digital Online, Arisan Ceria juga berbahasa Indonesia. Anda bisa mengundi dan mengatur arisan menggunakan aplikasi ini. Penggunaan aplikasi ini menarik. Tidak seperti aplikasi lainnya yang mengundi pemenang dengan mengklik roda, aplikasi ini memiliki cara berbeda. Anda perlu memasukkan daftar peserta arisan, kemudian kocok HP Anda dengan ceria untuk mendapatkan pemenang arisan. Aplikasi ini cukup ringan, dengan ukuran 5MB. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan gratis, namun pastikan perangkat Anda Android versi 7 atau yang lebih baru.

5. Beruntung Wheel

Beruntung Wheel juga bisa Anda andalkan untuk arisan, atau apapun itu dalam hal menentukan pilihan. Aplikasi ini bisa untuk bersenang-senang, seperti untuk bermain game dengan teman-teman, dengan keluarga, atau untuk mengatur arisan, terutama dalam hal mengundi pemenang. Aplikasi Beruntung Wheel kompatibel dengan Android versi 5 dan yang lebih baru.

Tips Aman Mengikuti Arisan Online

Jika Anda ingin aman mengikuti arisan online, berikut tips yang harus Anda ikuti:

Kenali Identitas Pemiliknya

Sebelum Anda memutuskan untuk ikut arisan online, pastikan Anda mengenali dan tahu identitas pemilik dari bisnis arisan online ini. Pemilik yang menjalankan arisan online bodong biasanya tidak mau memberikan identitas diri dan cenderung menutup-nutupi, bahkan ada yang menggunakan data palsu. Untuk itu pertama kali berkomunikasi dengan pemilik arisan, cobalah minta identitasnya seperti nama, alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi minimal 3, dan surat izin usaha yang dijalankan.

Ketahui Sistem Arisannya

Apakah mengetahui sistem arisan perlu? Tentu. Jika Anda orang yang baru akan atau baru bergabung menjadi salah satu member arisan online, kenalilah bagaimana sistem arisan online terjadi. Biasanya ada dua sistem arisan online yang diterapkan di masyarakat luas, yaitu sistem flat dan sistem menurun. Arisan online flat mempunyai sistem dengan besar dana yang disetorkan oleh setiap membernya sama, misal masing-masing anggota membayar Rp1 juta per bulan. Sedangkan untuk sistem menurun mempunyai sistem yang terbilang unik karena semakin nama Anda ada di bawah, maka semakin kecil setoran yang harus dibayarkan. Untuk anggota yang ingin menang di awal, maka harus berani membayar setoran lebih besar daripada yang lain.

Kemudian, anggota dari arisan online bisa memilih urutan kapan menjadi pemenang sesuai dengan slot yang disediakan. Misal terdapat 10 slot, maka Anda dipersilakan untuk memilih di urutan berapa Anda menang. Nomor 1 biasanya akan diisi oleh admin atau pemilik.

Untung Besar? Bodong!

Salah satu daya tarik dari arisan online adalah keuntungan. Namun, jika keuntungan yang ditawarkan tinggi dan tidak masuk akal, curigalah bahwa itu arisan bodong! Arisan bodong biasanya menawarkan Anda dengan iming-iming keuntungan yang berkali-kali lipat dari dana yang disetorkan. Pakar keuangan selalu memperingatkan tentang “high risk high return, low risk low return” (jika risiko semakin besar, semakin besar pula kemungkinan keuntungan yang didapat, demikian sebaliknya).

Biasanya arisan online hanya akan memberikan keuntungan maksimal 30% dan itu pun jarang, paling tidak Anda hanya akan untung dari 5-20%. Jika Anda diiming-imingi keuntungan “gila” seperti 50% atau bahkan 80% dari dana yang Anda setorkan segera tolak. Jangan sampai Anda mau untung, malah buntung.

Demikian artikel yang dapat saya buat tentang aplikasi arisan online semoga bermanfaat, terima kasih.