Software

7 Pilihan Aplikasi Email Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

Avatar of admin
1316
×

7 Pilihan Aplikasi Email Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

Sebarkan artikel ini
7 Pilihan Aplikasi Email Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

Betang.id – Aplikasi email marketing menjadi salah satu alat yang sangat penting dalam mendukung strategi pemasaran digital sebuah bisnis. Dengan aplikasi ini, perusahaan dapat mengirimkan email marketing secara massal kepada banyak email list dengan cara yang produktif dan efisien. Memilih aplikasi email marketing yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan sangatlah krusial. Berikut ini adalah beberapa aplikasi email marketing yang populer dan bisa Anda coba untuk mendukung bisnis Anda.

Aplikasi Email Marketing Terbaik

ActiveCampaign: Aplikasi Marketing All-in-One

ActiveCampaign adalah aplikasi marketing all-in-one yang memiliki berbagai fitur canggih. Penggunaan fitur-fitur tersebut mungkin terbatas jika Anda hanya berlangganan paket lite. Namun, paket lite sudah memungkinkan Anda menggunakan formulir pendaftaran in-line untuk mengumpulkan kontak email. Selain itu, Anda bisa menambahkan kolom tambahan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi kontak agar dapat dilakukan segmentasi yang lebih baik.

Konten email di ActiveCampaign mudah diatur dan dikelola sesuai keinginan Anda. Anda bisa menggunakan template yang tersedia atau membuat dari awal. Editor email yang disediakan juga memudahkan Anda dalam mengelola tampilan konten. Ketika seseorang membuat akun atau berlangganan layanan Anda, Anda bisa menyambutnya dengan mengirimkan email berseri. Melalui automation map, Anda dapat membuat workflow pesan dan meninjau seberapa baik pesan tersebut saling terhubung.

Anda juga dapat mengirimkan pesan dalam jumlah tak terbatas bahkan jika menggunakan versi lite. Dapatkan laporan yang mendetail, cek email otomatis, percakapan, kampanye, kontak, penawaran, dan laporan ecommerce untuk membuat perencanaan yang lebih matang di kampanye berikutnya.

Omnisend: Aplikasi Email Marketing dengan Beragam Fitur

Omnisend adalah salah satu aplikasi email marketing yang tergolong baru namun sudah menjadi salah satu software terbaik di bidangnya. Omnisend tidak hanya menawarkan fitur pengiriman email otomatis, tetapi juga fitur tambahan berupa pengiriman SMS, notifikasi, dan integrasi dengan Google Ads, Instagram, Facebook Ads, Messenger, dan WhatsApp.

Aplikasi ini mengklaim bahwa fitur-fitur tersebut lebih memungkinkan untuk diklik oleh pengguna. Dengan menggunakan Omnisend, Anda juga akan mendapatkan audience insight agar dapat menyesuaikan isi pesan sesuai dengan perilaku dan kebiasaan audiens.

MailChimp: Penyedia Layanan Email Marketing Terpercaya

MailChimp merupakan penyedia layanan email marketing yang digunakan oleh jutaan bisnis di seluruh dunia untuk mengirimkan email setiap harinya. Aplikasi ini memperkenalkan dirinya sebagai lembaga kajian (think-tank) yang memberikan insight berdasarkan data kampanye dan menerima saran atau tips khusus terkait langkah yang harus diambil ke depannya.

Versi gratisnya bisa digunakan selamanya dan Anda akan mendapatkan fitur-fitur dasar dengan nama brand MailChimp tertera di email. Selain kampanye email, Anda juga bisa menerapkan strategi pemasaran lainnya seperti landing page, formulir pop-up, dan postcard.

GetResponse: Layanan Email Marketing dengan Tool All-in-One

GetResponse adalah penyedia layanan email marketing yang menjanjikan rate pengiriman sebesar 99% dan menawarkan tool marketing all-in-one. Software ini juga memiliki masa coba gratis selama 30 hari. Aplikasi ini dilengkapi dengan editor template drag-and-drop untuk mendesain dan mengatur tampilan newsletter, landing page, dan elemen marketing lainnya.

Tersedia 500 template bawaan yang sudah didesain dan mudah dikustomisasi. Untuk gudang gambarnya sendiri, software ini bekerja sama dengan Shutterstock dan menghadirkan 5000 gambar berlisensi yang bisa dijumpai di galerinya. Aplikasi ini juga memiliki fitur otomatis dan autoresponder yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat dan mengirimkan email berseri setiap hari atau minggu.

Drip: Layanan Manajemen Hubungan Pelanggan Ecommerce (ECRM)

Drip adalah layanan manajemen hubungan pelanggan ecommerce (ECRM) pertama di dunia. ECRM Drip memuat semua hal yang Anda butuhkan untuk mengenal pelanggan lebih jauh dan mendalam. Layanan ini menangani jutaan data dan hasilnya melampaui yang selama ini diberikan oleh CRM konvensional.

Manfaatkan kecanggihan push, pull, dan strategi marketing yang telah dipersonalisasikan. Dengan menggabungkan semua data poin, Drip akan menghubungkan jutaan data pelanggan dan menampilkannya di semua channel untuk menjalankan kampanye email di waktu yang tepat.

SendInBlue: Aplikasi Email Marketing dengan Penyimpanan Kontak Tak Terbatas

SendInBlue merupakan aplikasi email marketing yang dapat menyimpan kontak dengan jumlah yang tidak terbatas. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat formulir langganan yang dikustomisasi sesuai dengan preferensi maupun produk dan jasa yang dipasarkan. Kustomisasi ini dapat dibuat sedemikian rupa sehingga email tampak sebagai email personal yang eksklusif, namun tetap dapat digunakan untuk mengirim email massal dan email berseri yang lebih efisien.

Fitur Workflow juga sangat membantu dalam memberikan informasi terkait promosi, kupon, diskon dan lainnya. Testing pun dapat dijalankan dengan A/B testing untuk optimasi pesan email. Aplikasi SendInBlue termasuk aplikasi email marketing yang memiliki fitur insight dan live report, di mana performa email dapat diketahui dan dapat dijadikan dasar dalam membuat strategi marketing selanjutnya.

AWeber: Aplikasi Email Marketing dengan Fitur Lengkap

AWeber adalah aplikasi email marketing yang bisa dikatakan paling lama namun tetap eksis hingga sekarang. Hal ini tidak terlepas dari fiturnya yang lengkap dan memudahkan program marketing. Biaya yang harus dikeluarkan pun cukup terjangkau per bulannya. Itu untuk penggunaan fitur premium. Sedangkan untuk masa uji coba gratisnya bisa dinikmati selama 30 hari lamanya.

Tidak hanya itu, AWeber juga dikenal sebagai aplikasi email marketing yang menyediakan banyak template yang memudahkan pengiriman email massal dan kustomisasi. Bahkan, AWeber juga dilengkapi dengan berbagai macam gambar gratis yang dapat digunakan untuk mempercantik email massal yang akan dikirimkan.

Dengan fitur tracking yang dimilikinya, AWeber dapat membantu pengusaha menganalisis perilaku kontak atau subscriber. Termasuk data-data seperti data pembuka pesan, data klik link hingga jumlah subscriber baru. Data-data tersebut akan sangat bermanfaat untuk analisis strategi marketing selanjutnya sehingga lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Aplikasi email marketing adalah solusi bagi program pemasaran yang berskala besar. Dengan aplikasi email marketing, pengusaha dapat membagikan email berisi promosi produk atau jasanya secara responsif kepada banyak calon konsumen maupun konsumennya dalam waktu yang cepat. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga penting bagi Anda untuk memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Demikian artikel mengenai aplikasi email marketing yang dapat Anda coba untuk mendukung strategi pemasaran bisnis Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.