Software

Rekomendasi 9 Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik untuk Kesehatan Anda

Avatar of admin
1318
×

Rekomendasi 9 Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik untuk Kesehatan Anda

Sebarkan artikel ini
Aplikasi Kesehatan Mental

Betang.id – Kesehatan mental adalah salah satu aspek terpenting dari diri kita yang harus dijaga dengan baik. Dalam rutinitas yang padat dan hectic, seringkali kita lupa untuk meluangkan waktu demi menjaga kesehatan mental kita. Bagi sebagian orang, mencari bantuan terkait kesehatan mental masih terasa mahal. Beruntung, kini ada berbagai aplikasi kesehatan mental yang praktis dan mudah digunakan.

Dalam artikel ini, kami akan berbagi beberapa rekomendasi aplikasi kesehatan mental yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan mental agar tetap dalam kondisi optimal! Mau tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya!

Rekomendasi Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik

1. WYSA

WYSA mungkin sudah familiar di telinga Anda. Aplikasi ini telah diunduh jutaan kali di play store. WYSA adalah teman dengan kecerdasan buatan yang dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan emosional, melawan depresi, dan mengubah pikiran melalui percakapan empatik. Layanan WYSA bisa Anda dapatkan secara gratis di app store atau play store.

2. Youper

Youper membuat sebuah conversational AI yang memonitor kesehatan mental Anda dengan teknik CBT yang dapat dipersonalisasikan. Selain percakapan untuk konsultasi kesehatan mental, Youper juga menawarkan mood tracking untuk memonitor mood Anda setiap harinya dan instruksi meditasi.

3. Talkspace

Talkspace memungkinkan Anda berkomunikasi dengan terapis robot melalui pesan teks, pesan suara, dan pesan video kapan saja. Talkspace juga akan mengarahkan Anda kepada konselor bersertifikat jika dirasa percakapan dengan chatbot tidak cukup. Aplikasi Talkspace sangat ramah pengguna.

4. Moodfit

Mengalami mood swings yang intens dapat merusak produktivitas dan seringkali kita tidak begitu mengerti alasan di balik mood swings tersebut. Moodfit adalah aplikasi yang cocok untuk Anda. Aplikasi ini dapat membantu Anda memahami perasaan kecemasan, depresi, atau stres yang mungkin sedang Anda alami dengan menyediakan kuesioner yang dapat Anda isi di awal penggunaan aplikasi untuk menentukan tingkat keparahan gejala yang Anda alami serta audio files yang dapat Anda dengarkan secara gratis untuk mengerti lebih dalam tentang gejala yang sedang Anda alami.

Salah satu fitur terbaik dari Moodfit adalah mood tracker yang membantu Anda memahami perubahan terhadap mood Anda agar seiring waktu Anda dapat lebih memahami hal-hal yang dapat mempengaruhi mood Anda, mulai dari waktu tidur, obat-obatan, makanan, dan olahraga. Aplikasi ini juga menawarkan insight seputar strategi apa yang dapat Anda lakukan untuk merasa lebih baik.

5. Riliv

Rekomendasi selanjutnya adalah Riliv, aplikasi buatan anak bangsa yang menyediakan fasilitas konsultasi secara gratis kepada para pengguna. Layanan konseling ini dapat Anda akses lewat teks, telepon, atau video call, dengan pilihan topik yang cukup luas seperti percintaan, kecemasan, bahkan insecurity. Selain fitur konseling online, Riliv juga menyediakan fitur meditasi online hening yang dapat membantu Anda terus menjaga kesehatan mental Anda. Apabila Anda masih pemula dalam melakukan meditasi, tak perlu khawatir karena fitur meditasi ini juga sudah termasuk panduan bahasa Indonesia dan dapat Anda akses kapan saja lewat ponsel Anda.

6. Happify

Gemar bermain game? Happify adalah aplikasi yang tepat untuk Anda! Happify merupakan aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan mood Anda melalui bermain games. Namun uniknya, semua games yang ada di Happify memiliki basis dari penelitian sains yang bermaksud untuk mengurangi stres, membangun ketahanan, dan mengatasi pikiran negatif.

Games yang ada di aplikasi ini dikembangkan oleh ahli psikologi yang menggunakan beberapa teknik terapi perilaku kognitif berbasis bukti untuk memastikan bahwa Anda dapat menjadi individu yang lebih bahagia. Aplikasi ini memberikan beberapa opsi games yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda mulai dari mengatasi stres, membangun kepercayaan diri sampai memicu kesuksesan karir Anda.

7. MindShift

Khusus untuk Anda yang sering mengalami gangguan kecemasan, aplikasi MindShift bisa menjadi pilihan yang tepat. MindShift adalah aplikasi bantuan diri untuk mengatasi kecemasan yang bertujuan menjadi pertolongan pertama saat Anda mengalami serangan panik akibat gangguan kecemasan dengan mengurangi rasa khawatir, stres, dan panik yang mungkin Anda alami.

Aplikasi ini menggunakan terapi perilaku kognitif (CBT) sebagai dasar dari fitur-fitur dalam aplikasi ini. Strategi CBT yang dapat Anda coba dalam aplikasi ini termasuk thought journal, belief experiments, dan comfort zone challenges. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai audio menenangkan yang dapat membantu Anda menjadi lebih santai dan menyusun ulang pikiran Anda. Salah satu fitur tambahan dari aplikasi ini yang cukup menonjol adalah MindShift CBT Community Forum, yang mengizinkan Anda sebagai pengguna untuk berbagi cerita dan pengalaman, belajar dari pengalaman orang lain dalam komunitas tersebut, dan memberikan saran kepada rekan-rekan lain dalam sebuah safe space.

8. Shine

Dengan slogan “rest, heal, and grow through difficulty”, Shine merupakan aplikasi self-improvement yang menyediakan fitur meditasi, gratitude journal, dan daily mood tracker. Dengan desain aplikasi dan konten yang menarik secara visual, Shine mengajak penggunanya untuk belajar dari beberapa self-care courses yang dipimpin oleh guru dan terapis handal yang dapat memberikan insight terhadap berbagai macam topik seperti anxiety, burnout, produktivitas, kreatifitas, dan banyak lagi.

Selain itu, aplikasi Shine juga menyediakan Virtual Workshop setiap bulannya di mana Anda dapat berinteraksi dengan komunitas aplikasi Shine dari berbagai negara sambil belajar bersama dari tokoh-tokoh ahli dalam bidangnya. Salah satu fitur paling unik dari aplikasi Shine adalah kemampuannya untuk menyediakan personalized plan bagi para penggunanya di mana aplikasi Shine akan mengkurasi sebuah koleksi dari 1.000+ konten yang tersedia berdasarkan kebutuhan dan ketertarikan pengguna.

9. Ten Percent Happier – Meditation & Sleep

Meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup melibatkan perbaikan dari beberapa faktor penting seperti pola tidur, awareness terhadap diri sendiri, dan hubungan interpersonal kita. Ten Percent Happier – Meditation & Sleep merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda membangun habit meditasi yang konsisten, membenarkan pola tidur sekaligus memberikan insight terhadap topik-topik yang beragam mulai dari anxiety, parenting, melatih fokus, dan teknik meditasi.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur sleep section yang memiliki seleksi video meditasi yang dapat membantu Anda tidur. Selain itu, Ten Percent Happier juga menyediakan beberapa video cerita singkat yang dapat memberi Anda inspirasi on the go!

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi kesehatan mental yang bisa menjadi teman curhat Anda. Tetap selalu jaga kesehatan mental Anda agar tetap dalam kondisi optimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menemukan aplikasi kesehatan mental yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terima kasih telah membaca!