Berita

BI Perkenalkan QRIS Tap, Berikut Keuntungan dan Kegunaannya

Avatar of Enny Riana
1227
×

BI Perkenalkan QRIS Tap, Berikut Keuntungan dan Kegunaannya

Sebarkan artikel ini
BI Perkenalkan QRIS Tap, Berikut Keuntungan dan Kegunaannya

Betang.id – Bank Indonesia (BI) kembali berinovasi dalam dunia pembayaran digital dengan memperkenalkan QRIS Tap, sebuah metode pembayaran yang memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC).

Berbeda dari metode QRIS tradisional yang mengharuskan pemindaian barcode, QRIS Tap memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi hanya dengan mendekatkan perangkat berfitur NFC ke terminal pembayaran yang kompatibel. Kemudahan ini semakin menjadikan QRIS Tap pilihan favorit di kalangan pengguna.

Apa Itu QRIS?

QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard, adalah metode pembayaran digital yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Sistem ini bekerja dengan cara menerima pembayaran melalui pemindaian barcode di berbagai outlet bisnis. Dengan QRIS, konsumen dapat menikmati kemudahan, keamanan, dan kepraktisan hanya dengan menggunakan smartphone mereka.

Keuntungan Menggunakan QRIS Tap

1. Lebih Higienis

QRIS Tap meminimalkan sentuhan fisik dengan uang tunai yang berpotensi terkontaminasi kuman. Hal ini membuat transaksi menjadi lebih aman dari segi kesehatan.

2. Cepat dan Praktis

Pengguna hanya perlu mendekatkan ponsel yang dilengkapi fitur NFC ke terminal pembayaran, tanpa perlu membuka kamera untuk memindai kode QR.

3. Mendorong Inklusi Keuangan

QRIS Tap turut berperan dalam mempercepat inklusi keuangan dan meningkatkan peredaran uang, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi melalui transaksi digital yang lebih efisien.

Cara Menggunakan QRIS Tap

  1. Pastikan ponsel Anda memiliki fitur NFC.
  2. Dekatkan ponsel ke reader pembayaran yang mendukung QRIS Tap saat bertransaksi.
  3. Aplikasi perbankan digital atau layanan fintech pada ponsel akan terhubung secara otomatis.
  4. Transaksi selesai dalam hitungan detik.

Saat ini, QRIS Tap telah tersedia di berbagai layanan transportasi umum seperti TransJakarta, MRT, KAI Commuter Line, dan lainnya. Di masa depan, diharapkan layanan ini akan meluas ke berbagai sektor ritel lainnya.