Berita

Telkomsel Persiapkan Jaringan 5G di Ibu Kota Nusantara

Avatar of Enny Riana
1685
×

Telkomsel Persiapkan Jaringan 5G di Ibu Kota Nusantara

Sebarkan artikel ini
Telkomsel Persiapkan Jaringan 5G di Ibu Kota Nusantara

Betang.id – Telkomsel siap menghadirkan jaringan 5G di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai bagian dari persiapan untuk menyukseskan peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang akan berlangsung pada 17 Agustus dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk mendukung transformasi digital di Indonesia, khususnya di IKN, yang digadang-gadang akan menjadi kota berkelanjutan dengan kapabilitas smart city berbasiskan teknologi masa depan.

Pembangunan Infrastruktur Jaringan 5G di IKN

Telkomsel telah menyiapkan sebanyak 49 Base Transceiver Station (BTS) yang mendukung teknologi terkini 5G dan 4G di wilayah IKN. Fasilitas ini mencakup area penting seperti Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) serta wilayah pendukung lainnya di sekitarnya. Tidak hanya di IKN, Telkomsel juga memastikan bahwa konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah ini tetap optimal dengan penguatan jaringan di dua kota penyangga IKN, yakni Balikpapan dan Samarinda.

Untuk memastikan konektivitas tetap terjaga dengan baik, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan di 10 area khusus, termasuk bandara, pusat perbelanjaan, penginapan, dan jalan utama yang menghubungkan Balikpapan dan Samarinda dengan IKN.

Dukungan Telkomsel untuk Transformasi Digital dan Pemerataan Pembangunan

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, menjelaskan bahwa Telkomsel berkomitmen untuk memastikan optimalisasi jaringan broadband agar dapat memberikan akses komunikasi yang lancar di Ibu Kota Nusantara. Langkah ini juga sejalan dengan upaya untuk mendukung transformasi digital di berbagai sektor, terutama dalam rangka mewujudkan visi IKN sebagai kota yang berkelanjutan dengan kapabilitas smart city.

Indra menambahkan, upaya Telkomsel ini juga selaras dengan visi dan misi perusahaan dalam menghadirkan layanan terdepan yang memberdayakan masyarakat serta mendukung pemerintah dalam upaya pemerataan pembangunan. Pembangunan infrastruktur jaringan yang dilakukan Telkomsel diharapkan dapat menjadi salah satu penggerak ekonomi Indonesia secara berkelanjutan.

Pusat Layanan Pelanggan dan Produk Digital di IKN

Selain mempersiapkan infrastruktur jaringan, Telkomsel juga telah menyiapkan berbagai produk dan layanan digital untuk mendukung kebutuhan komunikasi masyarakat di IKN. Salah satunya adalah dengan menghadirkan pusat layanan pelanggan di area kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan GraPARI Nusantara yang terletak di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN.

Pusat layanan pelanggan ini menawarkan berbagai layanan, mulai dari pembelian paket data, voucher fisik, isi ulang pulsa, pembelian SIM card prabayar dan eSIM, penggantian kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE, pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), pembelian modem Orbit dan layanan IndiHome, hingga aktivasi jaringan 5G. Layanan ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses bagi pelanggan dalam memenuhi beragam kebutuhan komunikasi mereka.

Komitmen Telkomsel dalam Menyukseskan IKN

Telkomsel berharap bahwa inisiatif yang dilakukan, mulai dari kesiapan jaringan broadband terdepan hingga penyediaan berbagai produk dan layanan inovatif, dapat memberikan pengalaman komunikasi yang optimal bagi seluruh pelanggan di IKN. Langkah ini juga diharapkan dapat menunjukkan kesiapan IKN sebagai pusat pemerintahan masa depan, dalam mewujudkan visi “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

“Semua inisiatif yang kami lakukan, mulai dari kesiapan jaringan broadband terdepan hingga berbagai produk dan layanan inovatif, kami berharap dapat memberikan pengalaman komunikasi yang lancar dan efisien dalam memenuhi kebutuhan digital seluruh pelanggan di IKN, sekaligus menunjukkan kesiapan IKN sebagai pusat pemerintahan masa depan untuk mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju,” tutup Indra Mardiatna.