Olahraga

Beberapa Cabang Olahraga Belum Sumbangkan Medali untuk Kalteng di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Avatar of Edo Wahyudi
717
×

Beberapa Cabang Olahraga Belum Sumbangkan Medali untuk Kalteng di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Sebarkan artikel ini
Beberapa Cabang Olahraga Belum Sumbangkan Medali untuk Kalteng di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Betang.id – Sejumlah cabang olahraga (cabor) yang diwakili oleh Kontingen Kalimantan Tengah (Kalteng) di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 masih belum berhasil menyumbangkan medali. Hingga saat ini, cabang olahraga seperti Pencak Silat, Sepeda, Panjat Tebing, Tenis Meja Beregu, dan Panahan belum memberikan hasil yang diharapkan.

Pelatih Pencak Silat, Anton Argarandi Nahan, yang berada di Kota Medan, Sumatera Utara, menyampaikan bahwa atletnya, Ikhsan Mabrur Ridho, harus mengakui keunggulan lawannya, Mahfud Efendi dari Bangka Belitung, dalam pertandingan Kelas E Putra pada babak perdelapan final. “Hasil ini tentu menjadi bahan evaluasi bagi kami. Kami harus mengakui bahwa atlet kami masih kalah pengalaman dan jam terbang dibandingkan lawannya,” ujar Anton.

Di cabang olahraga Tenis Meja Beregu, tim Kalteng juga harus menyerah dengan skor 0-3 dari tim Jawa Tengah di babak penyisihan grup B. Kekalahan ini membuat Kalteng terhenti di fase grup, meski masih ada peluang di nomor Ganda Putra dan Tunggal Putra yang belum dipertandingkan.

Di cabang olahraga balap sepeda, kategori Team Time Trial (TTT) yang berlangsung di Kota Medan, Kalteng juga belum mampu meraih podium. Namun, pelatih tetap optimis bahwa kategori Individual Road Race (IRR) dan Criterium bisa menjadi peluang untuk merebut medali bagi Kalteng.

Sementara itu, di cabang olahraga Panahan, yang dipusatkan di Komplek Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh, tiga atlet Kalteng di nomor recurve individual, baik putra maupun putri, juga belum berhasil meraih medali pada jarak 70 meter. Atlet-atlet tersebut, yakni Linda Lestari, Joan Cleodia, dan Alex Edward, harus mengakui keunggulan lawan mereka.

Di cabang Panjat Tebing, Alberto Agustin, yang dikenal dengan panggilan Bolang, harus puas setelah kalah dari atlet DIY pada babak perdelapan final menuju semifinal.

Sejauh ini, Kontingen Kalteng baru berhasil mengumpulkan satu medali perak dari cabang olahraga dansa. Meski demikian, masih ada sejumlah cabang olahraga yang belum dipertandingkan dan berpotensi meraih emas, seperti Dayung kategori Dragon Boat, serta beberapa nomor di cabang tenis meja. Kontingen Kalteng berharap hasil yang lebih baik di cabang-cabang olahraga tersebut, mengingat peluang emas masih terbuka lebar.