Scroll untuk baca artikel
Berita

Optimalkan Pengalaman Belanja Online dengan 5 Cara Manfaatkan Fitur AI

Avatar of Enny Riana
186
×

Optimalkan Pengalaman Belanja Online dengan 5 Cara Manfaatkan Fitur AI

Sebarkan artikel ini
Optimalkan Pengalaman Belanja Online dengan 5 Cara Manfaatkan Fitur AI

Betang.id – Musim liburan Natal dan Tahun Baru membawa peningkatan signifikan dalam aktivitas belanja online. Banyak orang yang berbondong-bondong mencari hadiah Natal hingga perlengkapan untuk menyambut tahun baru. Dalam menghadapi peningkatan minat belanja ini, platform eCommerce terus berinovasi untuk mengoptimalkan pengalaman belanja pelanggan. Salah satunya adalah Lazada, yang mengandalkan penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi pelanggan mereka.

Inovasi ini nampaknya diterima dengan baik oleh para pelanggan di Lazada. Hal ini ditunjukkan oleh antusiasme masyarakat Asia Tenggara terhadap teknologi AI Lazzie dalam fitur chatbot Pesan+ pada promo belanja online Lazada 12.12 baru-baru ini. Amelia Tediarjo, Head of Operations Lazada Indonesia, menjelaskan bahwa AI Lazzie berhasil meningkatkan pengunjung unik ke aplikasi sebanyak 76% melalui ‘LazzieChatHunt’ di mana AI Lazzie membagikan LazRewards bagi pelanggan yang memasukkan kode khusus lewat Pesan+.

scroll untuk membaca

Penerimaan masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap inovasi teknologi, khususnya AI, membuka peluang besar bagi pengembangan dan penerapannya di berbagai sektor. Menurut Amelia, AI dan GenAI memberikan pengalaman berbelanja online yang tidak hanya nyaman tetapi juga lebih personal dan bermakna, terutama di momen-momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru.

Riset Kantar bersama Lazada yang berjudul “Artificial Intelligence Adoption in eCommerce in SEA” juga menunjukkan bahwa 53% masyarakat Indonesia merasa AI meningkatkan pengalaman belanja, dan 96% percaya AI mampu merekomendasikan produk yang paling relevan bagi mereka. Laporan yang sama juga menunjukkan bahwa masyarakat telah menggunakan berbagai fitur berbasis AI, dengan 54% mengaku telah familiar dengan fitur chatbot berbasis AI.

Tidak bisa dipungkiri bahwa fitur chatbot AI merupakan kunci dalam membantu pelanggan memilih hadiah akhir tahun yang diinginkan. Apalagi pada momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru yang selalu menjadi waktu yang tepat untuk bertukar atau memberikan hadiah. Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan fitur AI dalam belanja online:

  1. Cari Inspirasi dengan Bantuan Chatbot AI Pernah merasa butuh suatu barang tapi lupa namanya? Serahkan pada AI! Di aplikasi Lazada, kamu bisa menggunakan AI Lazzie melalui fitur Pesan+ yang siap menjadi asisten belanja pribadimu. Cukup deskripsikan produk yang kamu bayangkan dan biarkan AI Lazzie membantu menemukan barang impianmu. Dengan satu aplikasi, kamu bisa mencari inspirasi sekaligus mendapatkan barang yang kamu inginkan.
  2. Tulis Deskripsi yang Spesifik Bosan memberi kado Natal yang itu-itu saja? Coba tanya AI Lazzie untuk rekomendasi hadiah yang lebih personal dan berkesan buat orang-orang tersayangmu. Misalnya, kamu bisa ketik “kado Natal anak laki-laki 10 tahun yang suka main game” atau “hadiah untuk pasangan yang populer”. AI Lazzie di Pesan+ akan memberikan berbagai rekomendasi produk yang sesuai dengan kriteria yang kamu sebutkan. Semakin spesifik, semakin jitu rekomendasinya.
  3. Terus Tanya dan Beri Prompt Baru Jika rekomendasi yang diberikan AI belum sesuai dengan yang kamu harapkan, jangan ragu untuk memberikan prompt atau deskripsi baru yang lebih jelas. Seperti AI pada umumnya, AI Lazzie terus belajar dan berkembang berkat input dari pengguna. Kontribusi kamu sangat berharga untuk meningkatkan kemampuannya.
  4. Pantau Promo dan Diskon Kilat Tidak hanya memberikan rekomendasi produk yang lebih personal, AI Lazzie melalui Pesan+ juga akan mengingatkan berbagai penawaran menarik, termasuk diskon-diskon kilat yang bisa kamu manfaatkan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan untuk mendapatkan harga terbaik. Aktifkan notifikasi dari aplikasi Lazada agar tidak ketinggalan flash sale dan diskon dadakan.
  5. Coba Fitur Return & Refund Meski sudah memastikan deskripsi produk, penilaian toko, hingga ulasan pelanggan, kadang kala produk yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi. Jangan panik, kamu bisa memanfaatkan fitur Return & Refund Lazada untuk mengembalikan barang yang sudah dibeli. Asisten belanja pribadimu, AI Lazzie, juga bisa membantu menavigasi proses pengembalian barangmu sampai selesai lewat Pesan+!

Dengan memanfaatkan fitur-fitur AI, belanja online menjadi lebih mudah, cepat, dan menyenangkan. Jangan ragu untuk mencoba tips di atas agar pengalaman belanja online kamu lebih optimal dan memuaskan. Selamat berbelanja dan selamat menikmati liburan!

Ikuti kami di google news dan saluran WHATSAPP untuk update berita terbaru dari Betang