Komputer

AMD Ryzen 5 9600X Capai 7 GHz, Apakah Ini CPU 6 Core Tercepat Saat Ini?

Avatar of Yenni Arianti
1371
×

AMD Ryzen 5 9600X Capai 7 GHz, Apakah Ini CPU 6 Core Tercepat Saat Ini?

Sebarkan artikel ini
AMD Ryzen 5 9600X Capai 7 GHz, Apakah Ini CPU 6 Core Tercepat Saat Ini

Betang.id – Setiap kali prosesor baru dirilis, para overclocker selalu berlomba-lomba untuk menguji batas kemampuan perangkat tersebut. Hal ini juga berlaku pada CPU Zen 5 terbaru dari AMD yang akan segera diluncurkan. Para overclocker pun mulai mencoba melihat seberapa jauh prosesor terbaru dari “kubu merah” ini dapat dipacu.

Jika beberapa waktu lalu Ryzen 9 9950X berhasil menduduki peringkat pertama di benchmark Cinebench R23, kali ini varian Ryzen 5 dari keluarga Zen 5 pun ikut menunjukkan kemampuannya berkat ulah para overclocker.

AMD Ryzen 5 9600X Tembus 7 GHz Setelah Di-Overclock

Seorang overclocker terkenal asal Indonesia, Alva Jonathan, yang dikenal dengan nama panggilan “Lucky_Noob,” berhasil mencetak rekor dengan mencapai 7 GHz pada prosesor AMD Ryzen 5 9600X menggunakan pendingin LN2. Prestasi ini diraih dengan menggunakan motherboard MSI MEG X670E dan sepasang RAM DDR5 sebesar 32GB.

Prosesor Ryzen 5 9600X diatur dengan multiplier x70 dan reference bus speed sebesar 100MHz. Hasilnya, prosesor ini sukses mencapai 7 GHz, menjadikannya sebagai prosesor 6 core tercepat saat ini dalam benchmark Cinebench 2024 multicore dan Y-Cruncher PI-BBP-10P.

Potensi Lebih Besar di Masa Depan

Angka fantastis ini mungkin belum menjadi puncak dari kemampuan Ryzen 5 9600X. Secara teknis, prosesor ini bahkan belum dirilis ke pasar. Ketika sudah tersedia secara umum, kemungkinan besar akan ada lebih banyak overclocker yang mencoba memecahkan rekor ini dan mendorong frekuensi prosesor ke level yang lebih tinggi.

Dengan pencapaian ini, apakah produk AMD tahun ini terlihat menjanjikan? Berdasarkan bocoran yang telah muncul, AMD tampaknya menjadi pilihan yang solid bagi mereka yang berencana untuk meng-upgrade prosesor dalam setahun ke depan.

Zen 5 Semakin Menjanjikan

Dengan melihat kondisi “kubu biru” yang saat ini sedang menghadapi masalah stabilitas, ada kemungkinan AMD akan menjadi pilihan yang lebih menarik dibandingkan dengan Intel. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda akan beralih ke AMD, ataukah Anda memang sudah menjadi penggemar setia “kubu merah” sejak lama?