Berita

Appdome Luncurkan Pusat Resolusi Ancaman Seluler dengan Teknologi GenAI

Avatar of Enny Riana
1466
×

Appdome Luncurkan Pusat Resolusi Ancaman Seluler dengan Teknologi GenAI

Sebarkan artikel ini
Appdome Luncurkan Pusat Resolusi Ancaman Seluler dengan Teknologi GenAI

Betang.id – Appdome, platform terkemuka dalam pertahanan aplikasi seluler, telah merilis layanan terbaru mereka, Threat Resolution Center yang didukung oleh teknologi GenAI. Layanan ini dirancang untuk membantu tim dukungan seluler dalam mengenali ancaman secara real-time, memberikan langkah-langkah resolusi yang sesuai dengan konteks, serta meningkatkan efektivitas penanggulangan ancaman bagi seluruh pemangku kepentingan.

Tom Tovar, co-creator dan CEO Appdome, menyoroti peningkatan cakupan, keragaman, dan kecanggihan ancaman seluler, seperti malware, spyware, dan ancaman berbasis AI, yang kian marak. Hal ini menyebabkan risiko terhadap identitas, data, dan transaksi seluler meningkat pesat dibanding sebelumnya. Di sisi lain, aplikasi keamanan, anti-fraud, dan produk lawas lainnya sering kali tidak mempertimbangkan pengalaman pengguna.

Ketika serangan seluler terjadi, pengguna sering kali tidak dapat mengakses akun mereka, menyebabkan kebingungan dan frustrasi. Selain itu, pemahaman dan penanganan serangan siber seluler merupakan proses yang rumit, memakan banyak waktu dan biaya bagi produsen, perusahaan, serta pengguna.

Keunggulan Threat Resolution Center

Threat Resolution Center dari Appdome memanfaatkan teknologi GenAI untuk menyediakan panduan langkah demi langkah yang sesuai dengan konteks serangan secara real-time, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengatasi ancaman di perangkat seluler mereka. GenAI juga memberikan informasi yang diperlukan bagi tim dukungan seluler untuk menanggulangi serangan dengan lebih cepat, sekaligus mempersempit permukaan serangan dengan mempercepat penghapusan ancaman.

Menurut Tom Tovar, tim dukungan seluler akan merasakan peningkatan produktivitas dengan penurunan waktu rata-rata resolusi (Mean Time To Resolution/MTTR) dan pengurangan biaya keseluruhan penanggulangan ancaman bagi semua pengguna.

Threat Resolution Center ini mengandalkan dua inovasi terbaru Appdome, yaitu ThreatCode™ dan Threat Resolution Agent™, yang didukung oleh GenAI untuk dengan cepat menyintesiskan data tak terstruktur menjadi instruksi langkah demi langkah guna menghentikan serangan siber, malware, dan ancaman lainnya.

Tantangan dan Solusi

Katie Norton, Research Manager, DevSecOps and Software Supply Chain Security di IDC, menjelaskan bahwa ekosistem seluler yang sangat beragam dengan berbagai aplikasi, sistem operasi, dan perangkat, membuat deteksi dan penghapusan ancaman menjadi tugas yang kompleks. Namun, ThreatCode dan Threat Resolution Agent dari Appdome hadir untuk mengatasi tantangan ini dengan menggunakan GenAI yang dioptimalkan oleh Retrieval Augmented Generation (RAG), yang secara otomatis menghasilkan instruksi resolusi yang peka terhadap konteks dan menjaga kualitas pengalaman pengguna.

Cara Kerja Threat Resolution Center

Saat aplikasi seluler yang dilindungi Appdome mendeteksi ancaman, Defense Framework dari Appdome secara dinamis menghasilkan ThreatCode™ yang berisi informasi rinci tentang ancaman tersebut. Informasi ini kemudian dimasukkan ke dalam Threat Resolution Center yang menggunakan Threat Resolution Agent™ untuk membuat perintah GenAI guna menghasilkan respons resolusi ancaman secara real-time.

Respons ini mencakup cara mengidentifikasi, memahami, dan menghapus ancaman dari perangkat seluler pengguna, menciptakan resolusi ancaman swalayan yang efisien dan meningkatkan pengalaman pengguna akhir.

Demonstrasi di Black Hat Conference

Appdome akan mendemonstrasikan Threat Resolution Center barunya pada Black Hat Conference di Las Vegas, tanggal 7–8 Agustus 2024, di stan #1350.