Tips and Trik

Cara Menambah RAM dengan Harddisk di Windows 10

Avatar of admin
1415
×

Cara Menambah RAM dengan Harddisk di Windows 10

Sebarkan artikel ini
Cara Menambah RAM dengan Harddisk di Windows 10

Betang.id – RAM atau Random Access Memory adalah komponen penting dalam sebuah laptop atau komputer. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara, termasuk data sistem, data login, hingga data aplikasi dan game yang sedang berjalan.

Tidak seperti harddisk, data yang tersimpan di RAM akan otomatis dihapus ketika laptop direstart atau dimatikan dan dihidupkan kembali. Kapasitas RAM sangat menentukan seberapa cepat performa sebuah laptop. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat pula performa laptop.

Namun, terkadang ukuran RAM yang ada di laptop dirasa kurang memadai sehingga butuh tambahan ruang. Sekarang Anda bisa menambah ukuran RAM di laptop dengan memanfaatkan ruang kosong di harddisk.

Ini berarti bukan menambah komponen RAM fisik, melainkan RAM berbentuk virtual. Berikut ini adalah cara menambah RAM dengan harddisk di Windows 10.

Penjelasan Singkat Tentang Virtual Memory

Sangat mudah untuk menambahkan kapasitas RAM di Windows 10 dengan memanfaatkan ruang di Harddisk. Namun, seperti yang dijelaskan di atas, penambahan ruang RAM di laptop ini berupa virtual memory. Bukan RAM dalam bentuk fisik, melainkan hanya penambahan ruang memori secara virtual di harddisk.

Virtual memory yang dibuat ini fungsinya agak berbeda dengan RAM asli. Virtual memory hanya akan menyimpan file program yang sedang berjalan tetapi tidak aktif atau dalam kondisi idle. Selain itu, virtual memory juga menyimpan file program yang jarang digunakan. Sementara untuk data program yang berjalan dan masih aktif, tetap ditampung di ruang RAM fisik.

Cara ini tentu akan mengoptimalkan performa kinerja laptop saat harus menjalankan aktivitas berat, seperti menjalankan banyak program atau game berat. Cara kerjanya adalah dengan memindahkan data yang tidak atau jarang digunakan dari RAM ke Virtual Memory. Sementara data program yang dibutuhkan oleh prosesor akan dipindahkan ke ruang RAM. Dengan demikian, RAM akan memiliki resource yang lebih lega sehingga bisa mengatasi game atau aplikasi yang lag bahkan hang.

Cara Menambah RAM dengan Harddisk di Windows 10

Setelah mengetahui apa itu virtual RAM, sekarang lanjut ke cara untuk membuatnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara ini akan memanfaatkan ruang kosong di harddisk. Berikut adalah cara menambah RAM dengan harddisk di Windows 10 secara lengkap:

Langkah-Langkah Menambah Virtual RAM

  1. Buka Control Panel: Pertama, buka menu Control Panel di laptop. Caranya bisa dengan klik tombol Search di Start Menu, kemudian ketik “control panel”. Maka akan muncul menu Control Panel di hasil pencarian, klik pada menu tersebut.
  2. Masuk ke Menu System: Pada jendela Control Panel, selanjutnya Anda masuk ke menu System.
  3. Pilih Advanced System Settings: Kemudian klik opsi Advanced System Settings yang ada di bilah kiri jendela Control Panel tersebut.
  4. Buka Jendela System Properties: Akan muncul jendela baru di layar, yakni jendela System Properties. Sekarang masuk ke menu Advanced pada jendela System Properties tersebut.
  5. Klik Settings di Bagian Performance: Pada bagian Performance, klik pada tombol Settings.
  6. Masuk ke Advanced pada Jendela Settings: Masuk lagi ke menu Advanced pada jendela Settings tadi. Kemudian klik pada label Change yang ada di bagian Virtual Memory.
  7. Atur Virtual Memory: Jendela Virtual Memory akan ditampilkan di layar, sekarang Anda bisa mulai melakukan pengaturan penambahan ruang RAM virtual.
  8. Pilih Drive C: Pada jendela Virtual Memory tersebut, pilih Drive C. Kemudian pilih opsi Custom Size, dan isi ukuran RAM sesuai keinginan. Disarankan mengatur ukuran virtual memory sama dengan ruang RAM sesungguhnya atau hanya separuhnya dari ukuran RAM sudah cukup.
  9. Simpan Pengaturan: Setelah itu, simpan pengaturannya dengan klik tombol OK.
  10. Selesai: Sekarang Anda sudah berhasil menambah ruang RAM dengan memanfaatkan ruang kosong di Drive C harddisk.

Penerapan di Versi Windows Lain

Cara di atas tidak hanya bisa diterapkan di laptop dengan Windows 10 saja, tetapi juga di Windows 8 dan 8.1. Sementara untuk Anda yang ingin menambah ruang RAM (virtual memory) di laptop dengan Windows 7, langkah-langkahnya hampir sama. Anda bisa mengakses pengaturan virtual memory tersebut melalui jendela Control Panel.

Penutup

Itulah tadi cara menambah RAM dengan harddisk di Windows 10 yang paling mudah dan efektif. Dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa meningkatkan performa laptop tanpa harus menambah komponen RAM fisik. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan kinerja laptop untuk berbagai aktivitas berat. Selamat mencoba!