Daerah

Kebakaran Hebat Hanguskan Sejumlah Bangunan di Jalan Anoi Palangka Raya

Avatar of Edo Wahyudi
545
×

Kebakaran Hebat Hanguskan Sejumlah Bangunan di Jalan Anoi Palangka Raya

Sebarkan artikel ini
Kebakaran Hebat Hanguskan Sejumlah Bangunan di Jalan Anoi Palangka Raya

Betang.id – Pada Jumat dini hari, 13 September 2024, sejumlah bangunan di Jalan Anoi, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengalami kebakaran besar. Kebakaran ini menyebabkan kerusakan parah pada beberapa struktur bangunan di area tersebut.

Wakil Kepala Satuan Reskrim Polresta Palangka Raya, AKP Faisal Firman Gani, mengungkapkan bahwa pihaknya menerima laporan mengenai kebakaran sekitar pukul 02.07 WIB. “Kami bergegas ke lokasi kejadian bersama tim pemadam kebakaran dari pemerintah dan relawan untuk memadamkan api,” kata Faisal usai melaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Hasil pemeriksaan di lokasi menunjukkan bahwa kebakaran menghanguskan 10 pintu barak, dua rumah, serta satu kios mebel. Menurut Faisal, api diduga berasal dari salah satu barak dan menyebar dengan cepat akibat tiupan angin, yang menyebabkan kebakaran merembet ke bangunan-bangunan lainnya yang berada di belakang barak tersebut.

Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari saksi-saksi yang melihat langsung awal mula kebakaran. Faisal menambahkan, proses penyelidikan masih berlangsung dan estimasi kerugian materi akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Masih kita dalami penyebab kebakaran ini karena ada beberapa saksi yang belum kita mintai keterangan, mereka masih mengamankan diri setelah kejadian,” jelasnya.

Faisal juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menjaga keamanan rumah. “Pastikan untuk memeriksa keamanan rumah sebelum meninggalkannya atau saat tidur, seperti memastikan kompor telah mati, tidak menumpuk stop kontak dengan banyak perangkat listrik, dan memperhatikan potensi bahaya kebakaran lainnya,” imbaunya.