Daerah

Legislator Kotim Tekankan Pentingnya Optimalisasi Perangkat Penunjang Seleksi CPNS

Avatar of Edo Wahyudi
424
×

Legislator Kotim Tekankan Pentingnya Optimalisasi Perangkat Penunjang Seleksi CPNS

Sebarkan artikel ini
Legislator Kotim Tekankan Pentingnya Optimalisasi Perangkat Penunjang Seleksi CPNS

Betang.id – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, SP Lumban Gaol, memberikan perhatian khusus terhadap kesiapan pemerintah daerah dalam pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan datang. Ia mengingatkan pentingnya kesiapan perangkat penunjang agar pelaksanaan seleksi berjalan lancar dan optimal.

“Mengingat seleksi CPNS dilaksanakan secara online, semua perangkat pendukungnya harus dipersiapkan dengan matang. Jangan sampai terjadi kendala teknis pada hari pelaksanaan yang dapat mengganggu kelancaran tes,” ujar Lumban Gaol di Sampit pada Jumat.

Pemerintah Kabupaten Kotim melalui Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah membuka pendaftaran CPNS sejak 18 Agustus 2024. Saat ini, proses seleksi administrasi sedang berlangsung, dan setelah itu, para peserta yang lolos akan mengikuti tes berbasis Computer Assisted Test (CAT) secara daring.

Lumban Gaol, yang juga merupakan kader Partai Demokrat, menegaskan bahwa semua perangkat pendukung seperti tempat, listrik, internet, dan komputer harus dipastikan berfungsi dengan baik. Menurutnya, kelancaran fasilitas ini sangat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan seleksi CPNS. “Semua perangkat ini sangat penting karena peserta menggantungkan harapan besar pada seleksi ini untuk masa depan karier mereka,” tambahnya.

Ia juga menyoroti bahwa minat masyarakat untuk mengikuti seleksi CPNS sangat tinggi, karena banyak yang menganggap Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai standar kesuksesan dalam karier. Namun, ia mengingatkan bahwa siapa pun yang nantinya diterima sebagai PNS harus memiliki komitmen penuh untuk mengabdi kepada negara dan masyarakat.

“Semangat menjadi PNS sejatinya adalah siap menjadi pelayan masyarakat. Jika seseorang tidak memiliki semangat tersebut, lebih baik tidak mencoba untuk mengikuti seleksi CPNS,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kotim, Kamaruddin Makkalepu, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini. Tes CAT akan dilaksanakan di aula Balai Diklat BKPSDM Kotim atau eks Asrama Haji Kotim, seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Pemkab Kotim telah menyiapkan 80 komputer, yang terdiri dari 75 komputer reguler dan lima cadangan, untuk pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK. Komputer-komputer tersebut telah diperiksa oleh tim dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional VIII Banjarmasin dan dinyatakan layak untuk digunakan.

Sebagai antisipasi kemungkinan pemadaman listrik, Pemkab juga telah menyiapkan genset dan berkoordinasi dengan pihak Telkom untuk memastikan ketersediaan jaringan internet selama pelaksanaan tes CAT. Hal ini dilakukan untuk menjamin kelancaran seleksi tanpa hambatan teknis yang dapat mengganggu jalannya ujian.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan pelaksanaan seleksi CPNS di Kabupaten Kotim tahun ini dapat berjalan dengan sukses dan menghasilkan pegawai negeri yang berkualitas dan siap mengabdi kepada negara serta masyarakat.