Daerah

Ribuan Warga Kapuas Meriahkan Kalteng Bershalawat di Stadion Panunjung Tarung

Avatar of Edo Wahyudi
493
×

Ribuan Warga Kapuas Meriahkan Kalteng Bershalawat di Stadion Panunjung Tarung

Sebarkan artikel ini
Ribuan Warga Kapuas Meriahkan Kalteng Bershalawat di Stadion Panunjung Tarung

Betang.id – Ribuan umat Islam dari Kabupaten Kapuas memenuhi Stadion Panunjung Tarung di Jalan Maluku, Kuala Kapuas, pada Kamis malam, untuk merayakan acara Kalteng Bershalawat. Acara yang digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini menjadi momen penting bagi masyarakat untuk meneguhkan cinta mereka kepada Rasulullah SAW dan mempererat tali silaturahmi antar umat.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, dalam sambutannya menekankan pentingnya meneladani sifat dan akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari. “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momentum untuk kita semua meneladani sifat Rasulullah dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Sugianto.

Gubernur Sugianto berharap bahwa acara ini dapat mempererat ukhuwah Islamiyah, memperkuat rasa kebangsaan, serta menambah kecintaan kepada Baginda Rasulullah SAW. Ia juga menekankan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk membangun Kalimantan Tengah menjadi lebih berkah dan Indonesia yang lebih maju, baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur.

Sugianto juga berharap agar pembangunan yang telah dilakukan di Kalteng dapat dilanjutkan dan acara seperti Kalteng Bershalawat dapat terus digelar di masa depan.

Kehadiran Al Mukarram Habib dan Tausiyah yang Menyentuh

Acara ini dihadiri oleh Al Mukarram Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, yang memimpin pembacaan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Ini adalah kali keempat Habib Ali Zainal Abidin hadir dalam rangkaian Kalteng Bershalawat, setelah sebelumnya mengunjungi Kabupaten Kotawaringin Barat, Kota Palangka Raya, dan Kabupaten Pulang Pisau.

Selain itu, Al Mukarram Habib Ahmad Al Habsyi juga memberikan tausiyah yang mengingatkan jamaah untuk mencintai Nabi Muhammad SAW dengan tulus demi meraih ridha Allah SWT. Dalam tausiyahnya, Habib Ahmad mengingatkan bahwa cinta kepada Nabi SAW harus didorong oleh niat untuk mendapatkan keridhaan Allah. “Cinta yang sempurna kepada Nabi Muhammad SAW memerlukan perjuangan dan merupakan jalan untuk mendapatkan ridha Allah dan ampunan-Nya,” ujar Habib Ahmad.

Ia menambahkan, bagi umat Islam yang ingin imannya sempurna, harus mencintai Nabi Muhammad SAW lebih dari segala sesuatu di dunia ini. “Seseorang yang mencintai Nabi Muhammad SAW akan dikumpulkan dengan beliau di surga Allah SWT,” tambahnya.

Partisipasi dari Berbagai Kalangan

Acara Kalteng Bershalawat juga dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Forkopimda Kalteng, Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas. Hadir pula bupati, penjabat bupati, wali kota, kepala perangkat daerah, instansi vertikal, ulama, tokoh masyarakat, pimpinan ormas Islam, pimpinan perguruan tinggi, serta perwakilan dari perbankan dan BUMN/BUMD.

Antusiasme warga Kapuas dan para peserta acara menunjukkan komitmen mereka dalam merayakan Maulid Nabi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah. Acara ini berlangsung dengan khidmat dan penuh berkah, meninggalkan kesan mendalam bagi seluruh peserta dan masyarakat yang hadir.